SATUKAN AKSI UNTUK BERKREASI & BERINOVASI

Minggu, 01 Agustus 2010

Manfaatkan, Barang Bekas Disekitar Kita Yukk !!!



            Salam Pelajar - Kalau denger dengan urusan barang bekas atau sampah apa yang kamu pikirin pertama kali. Ehmm, yang namanya barang seperti itu pasti kotor, jelek,berbau dan tak enak untuk dipandang mata. Kalo kita lihat, di kota kita tercinta ini masih banyak terlihat sampah – sampah yang berserakan di tempat – tempat umum mulai dari sampah plastik, botol minuman, bungkus makanan, kain – kain bekas, dan lain sebagainya. Nah, kalo masih ada gimana caranya kita untuk mengurangi dampak dari samapah dan barang bekas tersebut.?
Tentu kita ingat sekali, dengan tukang pengepul barang bekas yang biasanya sichh berkeliling di sekitar rumah. “ twet twet twet, barang bekas” begitulah suara dari para pengumpul barang bekas dengan gerobaknya.hehehe. Nah, lo lain halnya dengan petugas kebersihan UPTD Muara ENim yang pagi – pagi nih, langsung aja dateng ke tempat – tempat sampah untuk melahap semua sampah yang ada. Emang sampah bisa dimakan, ya enggak lah . sampah yang ada di kotak UPTD diangkut dengan menggunakan Mobil/ truk sampah untuk dibawa ke lokasi pembuangan terakhir.
Di sekolah – sekolah tentu telah diterapkan pelajaran yang membahas mengenai kerajinan tangan. Yach, tentunya pelajaran ini pasti juga membahas tentang daur ulang sampah dan barang bekas menjadi lebih berguna dan bermanfaat. “ yo,  tentunyo kami jugo diajari oleh guru kami, makmano agar barang bekas seperti botol bisa menjadi lebih berguna seperti membuat hiasan – hiasan lampu” tutur Rijal Siswa SMK N 2 Maura Enim kepada Koran ini. 
Lantas gimana agar Sampah/ barang bekas itu jauh lebih bermanfaat buat kita. Ya, bisa dengan menjadikannya sebagai barang yang menarik dan memiliki daya jual. Misalnya nih, Lampion dari Kaleng Bekas.Kaleng bekas makanan ringan ternyata dapat digunakan sebagai lampion. Caranya, buang label kaleng, kemudian lubangi sesuai pola yang diinginkan. Setelah itu, tempatkan win di tengah kaleng. Lampion dari kaleng bekas dapat dimanfaatkan untuk acara-acara di luar ruangan, misalnya pesta keluarga. Truzz ada juga pembuatan tas dari kain –kain bekas. Kain – kain bekas tersebut di buat dengan pola yang menarik kemudian dibuat dengan berbagai ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga nantinya dapat memiliki nilai jual. Begitu !!.
Tentu, yang menjadi harapan kita sekarang adalah bagaimana agar kota kita ini jauh lebih bersih dan Indah. So, pasti dengan barang bekas disekitar kita, berarti kita telah berpartisipasi dalam pengurangan polusi yang ada di kota Muara Enim.(akb/nd)

0 komentar:

Posting Komentar