SATUKAN AKSI UNTUK BERKREASI & BERINOVASI

Sabtu, 25 Juni 2011

Olimpiade Sains Tingkatkan Kualitas Pendidikan




MUARA ENIM – Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim akan melaksanakan kegiatan lomba olimpiade sains. Lomba Olimpiade sains ini dilaksanakan untuk tingkat SMP dan SMA sederajat, kegiatan ini juga tidak lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
“Kita nanti akan melaksanakan kegiatan olimpiade sains ditingkat Kabupaten, untuk SMP dan SMA sederajat. Kegiatan ini juga tidak lain untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan dan memotivator lagi siswa dalam pendidikan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim, Drs Hamirul Han melalui Kasi sekolah swasta Dikmen, Rizal, kemarin.
Ia mengatakan, pelaksanaan lomba olimpiade sains ditingkat SMP akan dilaksanakan pada 7 Mei nanti yang bertempat di SMP Negeri 2 Muara Enim. Sedangkan, untuk tingkat SMA akan dilaksanakan pada 10 Mei mendatang yang bertempat di SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim.
Untuk peserta yang sudah terdaftar untuk mengikuti dalam kegiatan olimpiade sains ditingkat SMP sederajat ini berjumlah 120 siswa. Sedangkan, untuk ditingkat SMA sederajat berjumlah 320 siswa. “Dari jumlah peserta mengirim perwakilan dari sekolahnya untuk mengikuti kegiatna olimpiade sains ini,” tuturnya.
Diterangkannya, untuk olimpiade sains tingkat SMP sederajat ini, mata pelajara yang diperlombakan dalam olimpiade sains ini, antara lain Matematika, Fisika, Biologi dan IPS. Sedangkan untuk ditingkat SMA sederajat yaitu mata pelajaran Matematika, Biologi, Astronomi, kebumian, kimia, komputer, ekonomi dan Fisika.
“Kegiatan olimpiade ditingkat Kabupaten ini, bagi peserta yang lolos berdasarkan tingkatannya akan di kirim ketingkat provinsi untuk menjadi wakil dari Kabupaten Muara Enim. Dengan begitu, kegiatna olimpiade sains di provinsi ini juga akan meloloskan peserta ketingkat nasional,” tambahnya.
Lebih lanjut dikatakannya, peningkatan kualitas pendidikan melalui kegiatan sains juga mengacu pada program direktorat pembinaan SMP dan Menengah. Selain itu juga, kegiatan ini mengarah pada perkembangan kreatifitas dan inovasi siswa dalam ilmu pengatahuan teknologi (IPTEK).
“Refreinsi dari kegiatan ini juga tidak terlepas dari kegiatan kompetisi dikelas internasional. Sebab, dari lolosnya ditingkat nasional bisa dikirim ke tingkat internasional, untuk bersaing dengan siswa lain dikelas internasional,” bebernya.
Masih dikatakan Rizal, kegiatan olimpiade sains ini juga tentunya dapat diikuti siswa dengan menggali potensi dan bakat siswa dalam berkompetisi dalam setiap mata pelajaran yang di perlombakan. “Hendakanya kegiatan olimpiade sains ini dapat berjalan secara profisional dan berkompetisi yang sportif baik yang menang dan kalah,” tukasnya.(03)

0 komentar:

Posting Komentar